Friday 9 November 2012

Cara Pasang Animasi Flash swf Pada WordPress.com


Cara Pasang Animasi Flash swf Pada 

WordPress.com

Terinspirasi setelah membaca artikel dari salah satu sesepuh wordpress.comyaitu tentang pentingnya isi dan kwalitas artikel pada posting blog yang mengedepankan manfaatnya untuk orang banyak, sehingga secara tidak langsung akan membantu peningkatan pagerank pada blog kita.
Maka pada postingan kali ini saya akan coba dengan tag Cara pasang animasi flash pada blog WordPress.com, yang mana trik ini sempat bikin isi otak saya jadi memanas dalam beberapa hari.
Bagaimana nggak  puyeng? karena masalahnya saya masih sangat awam dengan yang namanya kode html maupun kode javascript.
Jadi, mungkin tulisan saya kali ini agak menyimpang dari kategori blog saya yang sebenarnya, dengan harapan bisa berbagi tips serta bermanfaat untuk sesama blogger junior(Teman-teman yang sudah senior saya mohon koreksi dan sarannya). 
Sebagai blogger pemula pada WordPress.com, tentunya memasang flash banner type swf pada sidebar blog akan terasa sulit dan sangat membingungkan bagi kita, karena pemasangan banner tersebut memerlukan kode html tertentu agar bisa di dukung pemasangannya pada widget teks biasa/html  wordpress.com. 
Setelah beberapa kali mondar mandir ke mbah google dengan mengetik kata kunci/tag di atas, ternyata dari sekian banyak artikel yang saya baca, semuanya masih sangat membingungkan dan sangat susah untuk saya fahami sebagai blogger pemula.
Setelah melakukan banyak percobaan dengan hasil comot sana comot sini, akhirnya usaha untuk bisa pasang flash banner berhasil juga. (Teman-teman bisa lihat pada sidebar blog saya ini). 
Pada artikel ini, saya akan coba ikut nimbrung membantu teman-teman yang masih baru bergabung di wordpress.com, dengan harapan teman-teman blogger kelas pemula tidak kebingungan seperti saya sebelumnya. Mudah-mudahan artikel saya ini akan lebih mudah difahami, sehingga blog anda akan tambah kelihatan lebih cantik dan kreatif dengan memasang flash banner pada sidebarnya. 
Langkah-langkah untuk memasang flash banner pada sidebar blog  adalah sebagai berikut :
1.        Siapkan file flash banner swf yang akan anda pasang pada sidebar  blog anda. Kalau anda ingin membuat sendiri file flash bannernya, anda bisa  berkunjung ke :
  • www.123-banner.com untuk membuat berbagai macam flash banner dimana anda bisa menyisipkan koleksi foto anda, seperti pada sidebar blog saya ini.
  • www.flashvortex.com untuk membuat Jam digital 3D dan Teks berjalan seperti pada sidebar blog saya di samping.
  • Kalau file flash anda sudah jadi, kemudian download file tersebut kemudian simpan di komputer/netbook anda.
2.        File flash yang telah anda simpan pada komputer/netbook tersebut harus anda install di situs penyedia layanann install agar mendapatkan kode install-nya. Anda bisa searching di  google.com , atau anda juga bisa menggunakan situs layanan yang saya pakai, yaitu widgipedia.com. Di situs ini proses upload sampai dengan install file-nya sangat mudah dan cepat.
Untuk mengetahui 
cara upload dan mendapatkan kode install file flash swf   bisa anda klik Disini
3.    Langkah berikutnyanya adalah copy kode html dibawah :
<div style=”text-align:left;width:180px;height:700px;margin:0 auto;”><gigya width=”180” height=”700” src=”http://www.widgipedia.com/widgets/Nyoman-CNd/promosi-8198-8192_134217728.widget?__install_id=1307112244958&amp;__view=expanded” quality=”autohigh” loop=”true” wmode=”transparent” menu=”false” allowScriptAccess=”sameDomain” ></div></a></p>
Ganti kode <    > dengan [    ]
Untuk lebih jelas, perhatikan gambar dibawah
Keterangan :
  • Angka yang berwarna merah adalah tinggi flash banner.
  • Angka berwarna biru adalah lebar flash banner.
  • Tulisan yang ber-stabillo hijau adalah kode install file flash milik sayaGantilah dengan kode install file anda.
  • Angka yang ber-stabillo kuning  adalah untuk mengatur jarak widget yang terletak  dibawah widget flash banner yang akan anda pasang.
4.        Setelah tahap-tahap di atas sudah selesai, maka langkah selanjutnya adalahLog in ke www.wordpress.com ==> Beranda ==> Tampilan==> Widget ==> Teks
5.        Copy semua kode html tersebut, kemudian  paste pada widget teks biasa/HTML blog anda seperti pada gambar di bawah, selanjutnya klik tombol simpan.

0 comments:

Post a Comment